Buku Kecil STOIKISME

Teman-teman, saya baru saja selesai menulis sebuah buku kecil 21 halaman tentang 4 konsep dasar dalam filsafat Stoikisme, masing-masing dikotomi kendali, premeditatio malorum, amor fati, dan memento mori.

Keempat topik ini sebenarnya sudah pernah saya tulis secara terpisah sebelumnya di blog ini. Buku ini merangkum keempatnya dengan bahasa yang sederhana agar benar-benar mudah dipahami.

Cover Buku Kecil STOIKISME

Silakan mengunduhnya via link di bawah ini:

Versi audio dari buku ini juga tersedia di platform Spotify. Silakan dinikmati pada link berikut:

Barangkali buku kecil ini bisa berguna sembari kita menyongsong tahun 2022. Selama sekitar 2 tahun terakhir kita telah mengalami bersama bagaimana pandemi COVID-19 telah mengubah cara kita berpikir dan menjalani kehidupan, dan saya kira kita semua setuju bahwa pandemi ini menuntut resilience dalam menghadapi ketidakpastian dalam hidup. Kemampuan kita untuk bertahan dan tetap waras, atau dengan kata lain sehat secara mental, menjadi sangat penting.

Dan itulah, teman-temanku sekalian, tujuan utama dari filsafat Stoikisme. Stoikisme adalah filsafat praktis yang akan membantu kita menjalani kehidupan dengan lebih tenang dan bijaksana.

Semoga persembahan kecil ini bisa memberikan manfaat, dan ingatlah bahwa yang terpenting adalah bagaimana kita menginternalisasi konsep filsafat ini dan menjadi laku nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana diungkapkan filsuf Epictetus,

“Don’t explain your philosophy. Embody it.”

Selamat menikmati dan selamat menyongsong tahun 2022! 🤗 💝

Salam,

Paulinus Pandiangan

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari dua anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.

One thought on “Buku Kecil STOIKISME”

  1. Pingback: Meditasi 5 Menit

Comments are closed.