Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.   Click to listen highlighted text! Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.

Terkadang Kita Harus Memilih

Saya baru saja membaca sebuah artikel yang menarik di laman blog Becoming Minimalist yang ditulis oleh Joshua Becker. Topiknya adalah tentang memilih.

Ada keinginan-keinginan dalam hidup yang bisa dikejar secara bersamaan, misalnya ingin sukses dalam pekerjaan dan memiliki waktu yang cukup bersama keluarga. Ini tentu bisa diupayakan walaupun, tentu saja, tidak mudah.

Akan tetapi, ada banyak keinginan atau harapan yang tidak boleh terwujud bersamaan, kita harus memilih salah satu saja. Misalnya keinginan untuk tetap bugar dan keinginan untuk tidak harus lelah berolahraga. Ini adalah dua keinginan yang tentu saja tak bisa beriringan. Kita harus memilih salah satu: ingin bugar atau tidak berolahraga. Kalau ingin bugar, tentu harus berolahraga.

Contoh lain misalnya keinginan untuk memiliki banyak waktu bersama keluarga dan di saat yang sama ingin mengikuti banyak kegiatan di luar rumah. Ini juga tentu mengharuskan kita untuk memilih salah satu saja: ingin fokus memiliki banyak waktu bersama keluarga atau aktif mengikuti berbagai kegiatan di luar rumah. Kalau kita ternyata memilih untuk memiliki banyak waktu di rumah, tentu kita harus berkorban dalam hal mengikuti berbagai kegiatan di luar rumah. Kita harus membuat prioritas: hal mana yang ingin didahulukan, dan mana yang bisa dikorbankan.

Gambar diambil dari https://www.kevinmd.com/wp-content/uploads/shutterstock_253531033.jpg.

Atau keinginan untuk bisa menulis sebuah buku sampai selesai dan keinginan untuk menonton TV setiap malam. Ini juga tentu akan sulit dicapai keduanya secara bersamaan. Kalau kita ingin bisa menuntaskan buku, tentu waktu untuk menonton TV bisa dikorbankan agar keinginan menuntaskan buku tadi bisa tercapai.

Dan begitulah pada akhirnya kita memutuskan apa-apa saja yang ingin kita lakukan dalam hidup. Terkadang ada 2 keinginan yang bisa sama-sama diwujudkan secara beriringan, akan tetapi seringkali juga kita harus memilih.

Dan itulah yang menjadi ide utama dari tulisan di blog Becoming Minimalist yang saya baca sore ini. Silakan membaca versi aslinya di alamat ini bagi teman-teman yang tertarik.

Semoga (saja) tulisan singkat ini bermanfaat! 🙂

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari tiga anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.

%d bloggers like this:
Click to listen highlighted text!