Stoikisme

Stoikisme merupakan filsafat laku hidup yang tetap akan membantu, baik dulu maupun masa sekarang. Penerapannya membantu kita memilah apa yang esensial, menyadari apa yang di bawah kendali kita dan apa yang bukan, dan membuat pembatas mental yang jelas antara keduanya.

Dengan banyaknya distraksi di masa sekarang ini, menjadi semakin perlu rasanya bagi kita memahami filsafat ini. Tak hanya agar kita semakin resilient, tetapi agar kita juga lebih mudah menemukan kedamaian (dan kalau cukup beruntung: kebahagiaan!) dalam perjalanan hidup kita lembar demi lembar setiap hari.

Sumber: https://medium.com/stoicism-philosophy-as-a-way-of-life/the-stoic-virtues-and-code-of-honor-2141ceae095f

Mari belajar bersama saya melalui sumber-sumber daya berikut ini. Ingat, ini adalah daftar yang berhasil saya pilih. Kalau kalian memiliki sumber daya yang lain, mari berbagi pula dengan senang hati! 😍

Sebagaimana laman minimalisme, saya juga membagi sumber daya stoikisme ini dalam 2 kategori: Artikel dan Video. Sebagai tambahan, ada segmen Tokoh yang berisikan alamat website atau akun media sosial penggiat stoikisme. Dari website atau akun media sosial orang-orang ini biasanya ditemukan sumber-sumber daya terkait stoisisme.

Artikel

Berikut daftar artikel tentang stoikisme yang saya pilihkan:

The Stoic Virtues and Code of Honor

Video

Berikut daftar video tentang stoikisme yang menurut saya cukup bagus:

Donald J. Robertson

How Stoicism Can Cure Anger

Ryan Holiday

Ryan Holiday memiliki channel Daily Stoic. Ini salah satu videonya:

Tokoh lain…

Tokoh

Berikut beberapa tokoh yang cukup terdengar namanya di dunia stoikisme saat ini. Anda tidak perlu terlalu terfokus pada figurnya, yang lebih penting adalah filosofinya; apa yang mereka pikirkan, tulis, dan lakukan.

Donald J. Robertson

Donald Robertson

https://mobile.twitter.com/donjrobertson

Ryan Holiday

Jules Evans

Massimo Pigliucci

https://mobile.twitter.com/mpigliucci

Henry Manampiring