Stoikisme by Marissa Anita

Perihal stoisisme ini sudah menarik bagi saya sejak beberapa lama. Seiring waktu, saya semakin acap mendengar nama-nama seperti Henry Manampiring penulis Filosofi Teras, lalu Massimo Pigliucci yang menulis How to be A Stoic—dan sederet buku seputar Stoisisme, Ryan Holiday yang menulis The Daily Stoic, Jules Evans yang menulis Philosophy for Life. Banyak juga orang yang melalui komentarnya di media sosial yang ternyata telah merasa menerapkan filsafat ini dalam keseharian mereka dan dengan publikasi buku-buku dan video presentasi orang-orang yang saya sebutkan tadi, akhirnya menyadari bahwa apa yang mereka terapkan itu punya nama.

Dan lalu, Marissa Anita membahas Stoisisme ini di channel YouTube Greatmind. Tentu saja saya senang sekali, karena pada akhirnya, semakin banyak orang yang memiliki akses pada filosofi ini, dan disampaikan dalam bahasa Indonesia pula!

Dan selayaknya videonya saya bagikan di sini supaya Anda juga bisa menyimak—dan semoga berguna dalam hidup Anda! 🤩

Sila menyimak bagian pertama terlebih dulu:

Stoikisme Bagian Pertama

dan silakan melanjutkan di bagian kedua:

Stoikisme Bagian Kedua

Semoga berguna! 😊

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari dua anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.