Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.   Click to listen highlighted text! Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.

Rangkullah Keanehanmu!

Setiap orang seharusnya ada anehnya dari yang lain.

Tidak ada yang aneh dari kalimat di atas, karena memang setiap orang memiliki ketertarikan spesifik pada hal tertentu, yang pasti lain dari orang lainnya.

Simak kisah berikut.


V. S. Ramachandran, anak yang bertumbuh besar di Madras, India pada suatu hari di tahun 1950 menyadari bahwa dirinya berbeda.

Saat menyendiri dia sering menghabiskan waktu di pantai, dan dia memiliki ketertarikan khusus pada variasi-variasi kerang laut yang bertebaran di tepi pantai. Dia mengumpulkan kerang-kerang ini dan mempelajarinya dengan seksama.

Dari sekian banyak variasi kerang laut, dia terpesona pada Xenophora, yang memiliki kemampuan untuk menggunakan kembali cangkang yang sudah tidak dipakai untuk tujuan kamuflase, dan dia merasa anomali kerang jenis Xenophora ini begitu menyedot perhatiannya. Dia suka dengan anomali.

Ketertarikannya pada anomali seperti ini ternyata dibawanya terus sampai dewasa. Saat dewasa, ia mempelajari anomali pada sistem anatomi manusia, fenomena-fenomena aneh dalam ilmu kimia, dan berbagai hal-hal aneh lainnya. Dia memutuskan belajar ilmu kedokteran dan sukses menjadi seorang profesor psikologi visual di universitas California di San Diego.

Dalam penelusuran-penelusuran lanjutannya, dia menjadi begitu tergelitik dengan fenomena phantom limbs, dimana pasien tetap merasakan sakit pada bagian tubuh yang sudah diamputasi. Penelitiannya dalam hal ini akhirnya melahirkan penemuan baru dalam mekanisme kerja otak manusia dan cara-cara untuk membantu menghilangkan rasa sakit yang dialami pasien yang mengalami amputasi.

Dia lalu mendedikasikan hidupnya untuk menemukan, mempelajari, dan meneliti berbagai anomali dalam sistem syaraf manusia, menghasilkan temuan-temuan yang berguna bagi banyak orang.

Dan itu semua berawal dari ketertarikannya pada anomali kerang laut.


Tiap orang sebenarnya seperti V. S. Ramachandran, punya keanehan sendiri. Tiap orang tertarik pada hal khusus yang tidak akan bisa dipahami orang lain, dan saya percaya, ini rahmat.

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah ‘merangkul’ ketertarikan khusus itu. Rangkullah anomalimu.

Tidak perlu merasa harus selalu diterima dalam segala hal. Menjadi versi asli dari diri sendiri dengan segala keanehannya adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan.

It’s OK to be different.

🤗

Salam,

Paulinus Pandiangan

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari tiga anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.

%d bloggers like this:
Click to listen highlighted text!