Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.   Click to listen highlighted text! Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.

Pribadi yang Mandiri

Selalu merasa tergantung pada orang lain jelas bukanlah hal yang baik. Ketergantungan membuat Anda lebih rentan terhadap berbagai emosi negatif—kekecewaan, frustrasi—yang merusak keseimbangan mental Anda. Menjadi mandiri itu penting.

Ilustrasi Kemandirian

Untuk membuat diri Anda tidak terlalu bergantung pada orang lain, Anda perlu memperluas cakupan keterampilan Anda. Dan Anda harus lebih percaya diri dengan pertimbangan Anda sendiri. Pahami bahwa kita cenderung melebih-lebihkan kemampuan orang lain dan kita cenderung meremehkan kemampuan sendiri (impostor syndrome). Sering kali orang lain juga sebenarnya berusaha keras untuk membuat dirinya tampak seolah-olah yakin dan memahami betul apa yang mereka lakukan. Anda harus mengimbangi ini dengan lebih mempercayai diri sendiri dibanding orang lain. Namun, penting diingat bahwa menjadi mandiri tidak berarti membebani diri Anda dengan detail-detail kecil yang tidak perlu. Anda harus bisa membedakan antara hal-hal kecil yang sebaiknya diserahkan kepada orang lain dan masalah yang lebih besar yang membutuhkan perhatian dan upaya Anda.

Menumbuhkan kepercayaan diri akan melahirkan kekuatan.

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari tiga anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.

%d bloggers like this:
Click to listen highlighted text!