Polarisasi

Dalam video singkat percakapan Bill Gates dengan Jared Diamond berikut ini, ada suatu hal menarik yang menjadi kekhawatiran bersama mereka, dan (mungkin) juga kita: polarisasi.

Polarisasi terjadi ketika orang-orang akhirnya terbagi-bagi ke dalam kelompok-kelompok yang saling bertentangan; masing-masing dengan matra (cita) sendiri. Dan yang menarik adalah interaksi kita dengan teknologi (tampaknya) memberi dampak pada semakin mudahnya polarisasi ini terbentuk.

Kurangnya komunikasi dengan bertatapan langsung (face-to-face communication), menurut Jared Diamond, membuat polarisasi semakin terbentuk, di mana orang-orang menjadi terpisah dalam lingkup sempit—populer dengan sebutan bubble—mereka masing-masing.

Ilustrasi Orang dalam Bubble Masing-Masing
Percakapan Bill Gates dengan Jared Diamond

Dalam video terlihat suatu pemandangan yang kini menjadi umum terlihat: orang-orang duduk berdampingan di dalam angkutan umum, tetapi masing-masing “terpisah”, menatap layar telepon seluler masing-masing. Secara fisik mereka berada di ruang dan waktu yang sama, tetapi masing-masing sibuk berinteraksi dengan layar di depannya masing-masing. Together but alone.

This is what we, as a global society, have become. 🙁

Print Friendly, PDF & Email