Note to Self

“The manifesto is this: Draw the art you want to see, start the business you want to run, play the music you want to hear, write the books you want to read, build the products you want to use—do the work you want to see done.”

Austin Kleon dalam Steal Like An Artist

Ketika Marcus Aurelius menulis Meditations yang tersohor di kalangan pembelajar stoikisme itu, dia tidak pernah berpikir menjadikan tulisannya sebuah publikasi. Tujuannya sederhana: menjaga pikirannya tetap waras di tengah berbagai persoalan yang menerpa.

Ketika saya memutuskan untuk mulai menulis di platform WordPress ini, pertanyaan yang selalu muncul adalah Why?. Apa sebenarnya tujuan saya?

Rasanya mendidik diri sendiri menjadi alasan yang cukup bagus waktu itu; merekam apa yang saya pikirkan terkait isu yang menarik perhatian saya. Anehnya, tak pernah tertarik rasanya untuk menjadikan blog sebagai media mencari uang. Pembaca yang saya targetkan dari dulu adalah diri saya sendiri. 😂

Semua tentang mengasah perspektif saya sendiri.

Dan sekarang masih begitu. Jadi kalau kamu secara tak sengaja membaca blog ini, itu adalah karya ajaib semesta semata untukmu. Bersyukurlah! 😁

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari dua anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.