Minimalisme

Then some soldiers asked him, “And what should we do?”

He replied, “Don’t extort money and don’t accuse people falsely-be content with your pay.”

Luke 3 : 14 (New International Version)

Yohanes Pembaptis dalam kutipan kitab suci di atas saya kira menganjurkan pola hidup sederhana. He was endorsing simple life. “Cukupkanlah dirimu dengan gajimu” menjadi seruan yang tetap relevan sepanjang masa!

Masalah pasti akan timbul ketika orang berusaha hidup melebihi kapasitas pendapatannya. Maka dari itu menjalankan pola hidup sederhana menjadi penting.

Minimalisme-lah nama jalan hidup sederhana dan berkesadaran itu.

Saya merasa perlu membuat laman khusus untuk topik ini dengan harapan menjadi pengingat yang baik untuk diri saya dan untuk kalian, sobat-sobatku tercinta. Semoga seperti saya, anda pun beroleh manfaat dari minimalisme ini.

Hidup sederhana sudah saya jalani sejak kecil. I mean, I didn’t have that much growing up. Saya lahir dan bertumbuh di tengah keluarga yang secara ekonomi cukup sederhana. Keterbatasan ekonomi ini pada akhirnya menjadikan saya terbiasa untuk hidup dengan tidak memiliki banyak barang. Ketika saya menemukan konsep minimalisme ini, saya akhirnya menyadari bahwa pola hidup ini sudah saya lakukan sejak lama.

Seiring waktu saya semakin menyadari bahwa untuk hidup baik (ternyata) kita tidak membutuhkan begitu banyak barang. Kuantitas barang yang lebih dari yang diperlukan justru hanya akan menjadi clutter. Karena itu menjaga mindset minimalisme ini jauh lebih penting dari sekedar mengikuti trend minimalisme. Be a minimalist instead of just following minimalism.

Minimalisme adalah hidup dengan cukup. Just enough.

Sebagai pengantar ke pola hidup sederhana dan berkesadaran sebagaimana minimalisme ini, cobalah menyimak video berikut:

How Much Is Enough?

Sumber-sumber daya (resources) yang saya susun di sini berupa artikel-artikel di blog atau video terkait minimalisme, ada yang berbahasa Indonesia dan ada yang dalam bahasa Inggris. Silakan menggunakannya dalam proses kamu belajar menjadi seorang minimalis ya. 🙂

Artikel / Blog

Berikut daftar artikel yang membahas minimalisme:

Video

Berikut daftar video dan channel YouTube yang membahas minimalisme. Silakan klik pada nama channelnya untuk segera melihat laman lengkapnya di YouTube.

The Joy of Living Within Your Means — Joshua Becker
Mengapa Hidup Minimalis? — Breakfast with Lukas
Konsep Hidup Minimalis — Gloria Parinussa
Minimalism: A Documentary About The Important Things — The Minimalists
Tips Menabung Anti Gagal — Fany Sebayang
A Day in the Life of a Minimalist — Matt D’Avella

dan tentunya masih banyak channel lain yang membahas topik yang sama.

Berikut video-video lain yang saya temukan terkait #minimalisme:

Gaya Hidup Minimalis — 15 Minutes Metro TV

Semoga laman ini cukup membantu kamu belajar pola hidup minimalisme. Share juga blog ini ke teman-teman kamu apabila kamu merasa isinya berguna ya. 😍

Salam,

Paulinus Pandiangan