Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.   Click to listen highlighted text! Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.

Melatih Perilaku

Perilaku bisa dilatih.

Agaknya itu yang menjadi ide utama dalam bacaan singkat pagi ini dari buku The Daily Stoic. Berikut kalimat kuncinya:

Proper training can change your default habits. Train yourself to give up anger, and you won’t be angry at every fresh slight. Train yourself to avoid gossip, and you won’t get pulled into it. Train yourself on any habit, and you’ll be able to unconsciously go to that habit in trying times.

The Daily Stoic, Bacaan 23 September

Ketika membaca kalimat di atas, saya akhirnya paham mengapa ada orang yang tetap bisa kalem di tengah berbagai masalah yang tengah melilitnya. Orang bisa seperti itu karena latihan. Saya akhirnya menyadari bahwa ketegaran pun bisa diperoleh dengan latihan. Orang itu pastinya sudah melatih dirinya menghadapi beragam kesulitan!

Jadi jika orang berusaha untuk selalu mengambil pelajaran dari pengalaman-pengalamann hidupnya dan terbuka, benar-benar terbuka, untuk mengenali dan mengakui kelemahan karakter dirinya, rasanya orang pasti akan bertumbuh menjadi pribadi yang lebih keren.

Keren itu ada di karakter yang baik, dan karakter baik itu diperoleh dari latihan.

What do you think?

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari tiga anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.

%d bloggers like this:
Click to listen highlighted text!