Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.   Click to listen highlighted text! Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.

Maaf, Terimakasih, Senyum

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, saya kira ada 3 hal yang sangat patut untuk kita latih agar menjadi bagian dari karakter kita. Ketiga hal tersebutβ€”yang saya labeli dengan the big three habitsβ€”adalah masing-masing:

Ilustrasi Meminta Maaf | Sumber

Pertama, meminta maaf atas kesalahan kita. Ini adalah kebiasaan yang akan sangat membantu membuat suasana menjadi tidak tegang di saat tidak ada yang mau dianggap salah dalam sebuah situasi (semua merasa benar). Mengakui kesalahan dan memiliki niat untuk melakukan perbaikan adalah sifat yang sangat positif dan ini dimiliki orang-orang yang berkepribadian menarik.

Ilustrasi Orang Tersenyum | Sumber

Kedua, mudah tersenyum. Ini adalah kebiasaan yang akan sangat menguntungkan dua arah: orang yang tersenyum dan orang yang menerima senyuman. Tersenyum akan membuat suasana lebih akrab (friendly) dan orang akan lebih nyaman dalam berkomunikasi dengan kita. Lagipula, siapa yang tak suka dengan orang yang tersenyum? πŸ˜‰

Ilustrasi Berterimakasih | Sumber

Ketiga, berterimakasih. Ini adalah kebiasaan yang sangat baik karena selalu mengapresiasi hal-hal baik yang dialami setiap hari, bahkan untuk hal-hal yang terlihat kecil dan sederhana. Berterimakasih juga akan berdampak dua arah: bagi kita yang mengungkapkan dan bagi orang yang menerima ungkapan tersebut. Orang tentu senang menerima apresiasi dalam bentuk ungkapan terimakasih, dan mengucapkan terimakasih juga akan menyuburkan rasa damai dan sukacita bagi orang yang memiliki kebiasaan berterimakasih. It’s positive in both ways.


Saya percaya bahwa ketika kita bisa mengintegrasikan ketiga kebiasaan manis ini ke dalam kepribadian kita, orang-orang yang berinteraksi dengan kita bisa merasakan kesejukan. ☺️

Salam,

Paulinus Pandiangan

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari tiga anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.

Click to listen highlighted text!