Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.   Click to listen highlighted text! Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.

Keren itu Pilihan Sikap

Masih tentang definisi sukses yang sesungguhnya, yang saya ulas di tulisan sebelumnya

Alexander Agung, sebuah nama yang dikenal banyak orang. Bahkan namanya diabadikan menjadi sebuah kota, Alexandria, di Mesir, padahal orangnya hidup pada sekitar 2.300 tahun sebelumnya. Untuk sekilas, tampaknya Alexander Agung ini cukup sukses dan kerenkalau kita menggunakan metriks sukses dari apa yang terlihat di luar saja, seperti yang saya bicarakan sebelumnya.

Tetapi bagi orang Stoik, tak ada yang keren dari Alexander Agung. Memangnya kita tahu nama kita tetap dikenang setelah meninggal? Pilihan-pilihan tindakan yang diambil Alexander semasa hidupnya juga (sangat) tidak keren. Dia suka berperang, dia mudah marah, dia bahkan membunuh teman sendiri dalam suatu perkelahian dalam keadaan mabuk. Dia menjadi budak dari ambisinya sendiri. Lalu apa yang perlu dibanggakan dari itu?

Maka saran dari para filsuf Stoikisme adalah: berfokuslah menjadi versi terbaik dirimu saat ini; lakukan apa yang baik dan benar. Tidak perlu risau dengan apa yang akan terjadi di masa depan. Yang bisa kita kendalikan adalah pilihan-pilihan tindakan saat ini.

Dalam Stoikisme, itulah keren yang sesungguhnya!

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari tiga anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.

Click to listen highlighted text!