Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.   Click to listen highlighted text! Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.

Apakah Ini Membuat Saya Lebih Baik?

Mari kita membayangkan sebuah skenario. Kita sedang sangat marah dan rasanya ingin meneriaki seseorang sebagai pelampiasan. Kita lalu melakukannya dan untuk saat itu rasanya kita melakukan sesuatu yang benar. Amarah kita terlampiaskan dan kita puas. Akan tetapi tak lama kemudian kemungkinan besar kita akan menyesali apa yang terjadi, dan malu atas perilaku kita sendiri.

Ilustrasi Orang Marah

Bagaimana kalau misalnyasebelum kita ‘menggila sesaat’ dan meneriaki orang lainkita menanyakan satu pertanyaan penting pada diri kita sendiri: Apakah aksi marah dan meneriaki orang lain akan membuat saya menjadi lebih baik?. Tentu saja kita tahu bahwa aksi semacam ini tak akan membuat kita lebih baik, dan itulah yang menjadi kekuatan dari pertanyaan ini. Dia bisa menjadi ‘penangkal’ kita dari kecenderungan untuk bertindak berlebihan, atau menjadi ‘gila sesaat’. Toh, marah-marah dan meneriaki orang tidak akan menyelesaikan persoalan dan tidak akan membuat situasi menjadi lebih baik.

Bukan begitu? 😉

Salam,

Paulinus Pandiangan

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari tiga anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.

Click to listen highlighted text!