Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.   Click to listen highlighted text! Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.

5 Habits I’d Like to Train Myself

Hai!

Setelah membaca artikel terbaru di blog This Evergreen Home yang berjudul 101 Daily Habits: The Complete Guide to Better Routines, saya memutuskan untuk memilih 5 dari daftar 101 kebiasaan untuk saya tanamkan dalam diri saya sendiri.

Berikut 5 kebiasaan pilihan saya:

  1. Merapikan tempat tidur segera setelah bangun pagi. Kasur yang rapi bisa menimbulkan rasa senang. Merebahkan tubuh sehabis bekerja di atas kasur yang rapi dan bersih rasanya nikmat sekali! Akan berbeda rasanya kalau sehabis bekerja kita menemukan kasur dalam keadaan berantakan. Selain lelah, mood kita juga akan kurang positif.
  2. Menulis jurnal rasa syukur (gratitude journal). Rasa syukur dapat diekspresikan secara lisan pun tulisan. Menulis hal-hal yang membuat kita bersyukur akan melahirkan emosi positif dan melatih diri kita untuk mengapresiasi berbagai hal dalam perjalanan waktu kita. Ini apabila dilakukan secara rutin dan berkesadaran akan membentuk mindset bersyukur.
  3. Melakukan kebaikan-kebaikan kecil. Hal-hal baik yang berkesan di hati kita justru seringkali adalah hal-hal kecil yang dilakukan oleh orang lain kepada kita, misalnya dibukakan pintu, disapa dengan senyuman, atau ditawari makanan ringan. Maka hal sebaliknya juga berlaku: orang bisa terkesan dengan hal-hal kecil yang kita lakukan kepada mereka, kalau kita menyadari bahwa semua orang ingin diperlakukan dengan baik.
  4. Berada di alam terbuka. Saya memiliki kebiasaan untuk berjalan kaki di alam terbuka sambil memikirkan apa yang pernah saya baca atau memikirkan solusi atas suatu persoalan. Biasanya dari kegiatan berada di alam terbuka seperti ini saya bisa mendapatkan ide atau perspektif baru, bahkan pemahaman baru atas apa yang pernah saya alami. Alam terbuka juga memiliki kemampuan untuk ‘menyembuhkan’ kita dan mengajarkan kita filosofi kehidupan itu sendiri.
  5. Berterimakasih kepada orang-orang di sekitar kita. Saya menerima banyak bantuan dari teman-teman dan saudara / keluarga di sepanjang perjalanan hidup saya, dan berterimakasih secara langsung kepada mereka bukan saja suatu kebiasaan yang baik, tetapi merupakan gambaran langsung tentang bagaimana kita memandang orang lain dan esensi kehidupan bersama; bahwa kita bisa bertahan hidup karena sokongan orang lain juga.

Kalau 5 hal ini saja bisa tertanam dalam diri kita, saya percaya kita akan menjadi pribadi yang lebih menarik dan berdampak positif bagi orang lain. Dan mungkin kita bisa bergerak maju untuk melirik 96 kebiasaan lainnya di blog tadi… 😆

Salam,

Paulinus Pandiangan

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari tiga anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.

Click to listen highlighted text!