3 Buku Tentang Minimalisme

Telah banyak saran buku berkaitan dengan minimalisme di Internet, dan saya di sini hanya akan menyarikan 3 buku yang menurut pengalaman pribadi sudah sangat baik membahasnya. 3 is … just enough. 😎

Saya berpendapat bahwa kita (pada dasarnya) tidak perlu memiliki begitu banyak buku, fisik atau elektronik, tentang suatu topik. Memiliki 2 atau 3 buku yang cukup bagus sudah cukup. Lagipula, buku ada bukan hanya untuk dibaca sekali lalu selesai, tetapi untuk dibaca ulang.

Books are not only to be read, but to be re-read.

Saya menekankan membaca ulang di sini karena dengan membaca ulang kita dapat memperoleh pengalaman baru atau memahami ide dalam buku tersebut dengan lebih baik; selalu ada aspek yang barangkali tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Dan lagi, di era Internet sekarang ini, kita selalu dapat memperkaya pemahaman kita tentang suatu topik dalam buku dengan membaca review atau opini orang lain tentang buku yang sama, atau bahkan bergabung dengan komunitas pembaca buku.

This, somehow, would deepen our understanding.

Artinya membaca hanyalah satu bagian dari upaya memahami.


Baiklah, berikut 3 buku tentang minimalisme yang menurut saya cukup bagus:

Minimalism: Live a Meaningful Life.

Buku yang ditulis oleh Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus ini menceritakan perjalanan hidup mereka dari pekerja korporat yang beralih menjadi apa yang mereka sebut dengan The Minimalists.

Peralihan ini membawa mereka pada hal-hal yang penting dalam hidup. American Dream yang dulunya mereka anut ternyata justru menyebabkan mereka kurang menikmati hidup, kurang berbahagia.

Untuk membelinya silakan mengakses laman ini.

The More of Less.

Joshua Becker, penulis buku ini, berkeyakinan bahwa memiliki terlalu banyak barang justru akan menimbulkan hasrat untuk memiliki lebih banyak barang lagi, lagi dan lagi.

Hasrat ini pada akhirnya membawa kita pada siklus membeli barang yang tidak pernah ada habisnya.

Dan hal ini akan mengalihkan perhatian kita dari apa yang benar-benar penting dalam hidup.

Untuk membeli buku ini silakan cek di sini.

The Joy of Less, A Minimalist Living Guide.

Buku yang ditulis oleh Francine Jay ini lebih ke teknis decluttering; bagaimana membuat hidup lebih sederhana, dan membuat ruang-ruang untuk hal-hal yang lebih penting dalam hidup.

Tak hanya itu, juga memaparkan minimalisme sebagai cara untuk berkontribusi bagi lingkungan, bagi planet bumi ini.

Silakan cek di laman ini untuk mendapatkan bukunya.

Itulah profil singkat 3 buku yang saya rasa cukup bagus bagi kamu yang ingin memahami lebih dalam tentang minimalisme.

Semoga berguna! 🀩 πŸ’•

Salam,

Paulinus Pandiangan

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari dua anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.