Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.   Click to listen highlighted text! Selamat datang di blog Paulinus Pandiangan. Semoga kamu menemukan sesuatu yang berguna.

12 Cara Menjadi Lebih Baik

Berikut 12 cara sederhana untuk menjadi pribadi yang lebih baik:

  1. Membiasakan bersyukur. Kebiasaan ini berkorelasi positif dengan penanganan stress yang lebih baik, meningkatnya kualitas tidur, dan membaiknya relasi sosial dengan orang lain.
  2. Bertegur sapa dengan orang lain. Membiasakan hal ini akan membuat kita lebih terhubung secara emosional dengan orang lain.
  3. Detoks digital. Melepaskan diri secara teratur dari perangkat digital berdampak baik bagi kesehatan mental kita. Menghabiskan waktu dengan berjalan santai dan menikmati udara di area terbuka, misalnya, jauh lebih berdampak baik dibandingkan dengan berselancar dengan perangkat genggam seharian.
  4. Self talk yang positip. Berkomunikasi dengan diri sendiri dengan cara positip akan menumbuhkan kepercayaan diri dan keyakinan bahwa kita bisa menghadapi berbagai kesulitan dan persoalan dengan lebih konstruktif. Ini tentu tidak mudah dan cara satu-satunya adalah dengan terus melatih diri.
  5. Praktik berbuat baik. Melakukan kebaikan-kebaikan kecil akan memberikan tujuan hidup dan membuat kita tidak merasa terisolasi. Hal-hal kecil seperti membukakan gagang pintu bagi orang lain, membelikan makanan kecil untuk teman, memberikan pujian atau ucapan terimakasih, atau memberikan sumbangan kepada yang membutuhkan, akan membuat kita merasakan kegembiraan yang akan berkontribusi pada suasana hati kita sendiri.
  6. Menikmati makanan dengan perlahan. Mengambil waktu untuk benar-benar menikmati makanan tanpa terburu-buru adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Makan dengan kesadaran penuh, mindful eating, merupakan suatu bentuk terapi kecil juga untuk menjaga kesehatan mental kita.
  7. Tidur cukup. Durasi yang direkomendasikan adalah sekitar 7 sampai 8 jam setiap malam. Tidur yang cukup akan sangat mempengaruhi hidup kita seharian penuh, dan kualitas tidur yang buruk akan ‘merusak’ hari kita.
  8. Bernafas dengan sadar. Ketika kita cemas, ritme bernafas kita cenderung lebih cepat dan tidak teratur. Ketika kita tenang, ritmenya juga akan tenang dan teratur. Untuk mencapai keadaan tenang dan teratur ini, kita perlu mengatur pola bernafas dengan menarik nafas (inhale), lalu melepaskannya dengan durasi sedikit lebih lama (exhale), dan mengulangi beberapa kali hingga kita benar-benar merasa rileks.
  9. Pembersihan 30 menit. Kegiatan membereskan ruangan selama sekitar 30 menit ternyata bisa berdampak sangat positip bagi kesehatan mental dan ketenangan kita. Kegiatan yang bisa dilakukan misalnya membersihkan cermin kamar mandi, membereskan meja dari benda-benda yang tidak perlu, atau sekadar merapikan dekorasi dinding.
  10. Maafkan diri Anda dan orang lain. Menyimpan dendam hanya akan menyusahkan diri sendiri, menambah beban mental yang tidak perlu. Maka kalau Anda ingin bisa hidup dengan ‘ringan’, berikanlah maaf dengan ikhlas kepada orang lain dan diri Anda sendiri! People make mistakes.
  11. Rawat diri sendiri. Merawat diri di sini adalah memastikan kita memperoleh makanan yang baik dan memperoleh waktu istirahat yang cukup. Juga memberikan waktu untuk berolahraga, atau mengkonsumsi buah-buahan segar. Hal ini akan membuat tubuh kita lebih sehat.
  12. Berbaik hatilah kepada diri sendiri. Kritikus yang paling sinis biasanya adalah diri kita sendiri. Kita bisa mengkritik diri kita lebih ‘tajam’ dari apa yang disampaikan orang lain. Menjadi teman terbaik bagi diri sendiri adalah jalan agar kita lebih sehat dan tangguh menjalani kehidupan. Tidak ada faedahnya juga ‘menghancurkan’ diri sendiri dari dalam.

Demikian setidaknya 12 cara praktis agar kita menjadi orang-orang yang lebih baik. Semua tips di atas disarikan dari artikel asli di alamat ini. Semoga bermanfaat! 😄

Author: Paulinus Pandiangan

Saya seorang Katolik, anak ketiga dari 3 bersaudara, ayah dari tiga anak, orang Batak, saat ini bekerja di sebuah pabrik kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan pada 8 Januari 1983. Capricorn.

Leave a Reply

%d bloggers like this:
Click to listen highlighted text!